Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Part 1




1. Pertempuran Solferino

Image result for pertempuran solferino


           Pertempuran yang tejadi pada tanggal 24 Juni 1859 di Solferino Italia bagian Utara. Pertempuran ini berlangsung selama 16 jam, melibatkan kurang lebih 320.000 prajurit dan mengakibatkan kurang lebih 40.000 prajurit yang terluka dan tewas. Negara yang berperang pada saat itu adalah Negara Perancis dan Austria. Dalam pertempuran tersebut hanya ada 5 dokter yang bertugas, diantaranya 4 dokter hewan yang merawat ribuan kuda dan 1 dokter yang merawat ribuan manusia. Sungguh jumlah yang tidak sebanding dengan seluruh pasukan artileri.

2. Henry Dunant

Image result for henry dunant

           Lahir pada tanggal 8 Mei 1828 di Kota Jenewa, Swiss. Ayahnya bernama Jean Jaquest Dunant dan ibunya bernama Anne Antoinette Colladon. Pada saat pertempuran berlangsung, Henry Dunant yang juga seorang pengusaha berkebangsaan Swiss sedang berada dalam perjalanan untuk menemui Kaisar Napoleon III guna keperluan bisnis. Menyaksikan pemandangan yang mengerikan akibat pertempuran tersebut, kesedihanpun muncul. Melihat pemandangan mengerikan itu membuatnya lupa akan pertemuanya dengan Kaisar.
Dunant kemudian mengumpulkan orang orang dari desa desa sekitar dan tinggal disana selama tiga hari untuk membantu dan merawat orang yang terluka, Kata kata bijaksananya, SIAMO TUTTI FRATELLI (kita semua bersaudara) membuka hati para sukarelawan yang melayani kawan maupun lawan tanpa membedakannya.

3. Un Souvenir De Solferino

                                                  Image result for un souvenir de solferino

           Sekembalinya Dunant ke Swiss membuat ia terus dihantui oleh mimpi buruk yang disaksikannya di Solferino. Untuk menghilangkan bayangan buruk dalam pikiranya, Dunant kemudian menulis sebuah buku dan menerbitkanya dengan biaya sendiri pada bulan November 1862. Buku itu berjudul Un Souvenir De Solferino (Kenangan dari Solferino). Buku tersebut mengandung dua gagasan penting yaitu :
  • Usulan mendirikan perhimpunan bantuan di setiap negara yang terdiri dari sukarelawan untuk merawat orang yang terluka pada waktu perang.
  • Usulan mempromosikan kesepakatan atau perjanjian Internasional guna melindungi prajurit yang terluka dalam medan pertempuran dan orang orang yang merawatnya serta memberikan status netral kepada mereka.
4. Komite Lima Internasional

                                    Image result for komite lima internasional

           Setelah membaca buku Un Souvenir De Selforino, Gustave Moynier merasa sangat tersentuh. Moynier adalah orang yang penuh pemikiran dan cepat bertindak. Dia mengundang Jean Henry Dunant untu membicarakan bukunya dengan beberapa anggota lainnya yang tertarik dan hasilnya , dibentuklah komite lima. Anggotanya adalah Jean Henry Dunant, Gustave Moynier, Jendral Guillame Henry Dufour, Dr. Louis Appia dan Dr. Theodore Maunoir. Komite tersebut dibentuk pada tanggal 17 Februari 1863 dan pada tahun 1876 berubah nama menjadi Komite Internasion  Palang Merah atau International Committee of the Red Cross (ICRC). Dengan demikian tanpa memperhatikan perubahan nama diatas, ICRC didirikan pada bulan Februari 1863.

Komentar

Postingan Populer