Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional part 2







5. Liga Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah

Image result for henry p davison
          Pada akhir perang dunia pertama sebagian besar daerah Eropa sangat kacau. Ekonomi rusak, populasi berkurang drastis karena epidemi, sejumlah besar pengungsi yang miskin dan orang yang tidak mempunyai kewarganegaraan memenuhi benua itu. Perang tersebut sangat jelas menunjukkan perlunya kerja sama yang kuat antara perhimpunan palang merah, yang karena aktivitasnya dalam masa perang dapat menarik ribuan sukarelawan. Henry P. Davison, presiden Komite Perang Palang Merah Amerika mengusulkan pada Konfrensi Internasional Medis ( April 1919 , Cannes, Perancis) "Untuk memfederasikan perhimpunan palang merah dari berbagai negara menjadi sebuah organisasi setara dengan liga bangsa-bangsa , dalam hal peperangan dunia untuk memperbaiki kesehatan, mencegah penyakit dan mengurangi penderitaan"

6. Perhimpunan Nasional

Image result for perhimpunan nasional
          Perhimpunan Nasional adalah perkumpulan sukarelawan yang dibentuk oleh Negara Pihak Konvensi Jenewa. Sesuai dengan ide awal dari buku " Memory of Solverino " , maka perkumpulan sukarelawan didirikan untuk memberi bantuan pada saat terjadi konflik bersenjata. Perhimpunan Nasional bertindak sebagai institusi pemerintah ( auxiliary to the government ) di dalam negara mereka masing - masing. Pada masa damai , Perhimpunan Nasional menyediakan berbagai pelayanan mulai dari bantuan terhadap korban bencana, bantuan di bidang sosial dan kesehatan atau pelatihan pertolongan pertama. Selama masa perang, Perhimpunan Nasional mendukung pelayanan medis angkatan bersenjata

7. International Committee of the Red Cross

Image result for ICRC

          Merupakan badan pendiri gerakan sebuah lembaga kemanusiaan yang mandiri, yang bertindak sebagai penengah yang netral dalam kasus pertikaian bersenjata. Di dirikan oleh seorang warga Swiss , yaitu negara yang di kenal sebagai negara yang netral, yang kenetralanya di akui oleh negara lainnya. Merupakan penjaga dan pelindung prinsip-prinsip dasar ICRC yang berkedudukan di Jenewa adalah lembaga kemanusiaan yang mandiri , netral dan tidak berpihak yang mendirikan gerakan palang merah pada tahun 1863.
Selama konflik bersenjata Internasional ICRC mendasari kegiatanya pada ke empat Konvensi Jenewa dan Protokol tambahan 1 yang mengakui haknya untuk melaksanakan beberapa kegiatan, seperti :
  • Memberikan bantuan kepada yang terluka , sakit atau personil militer dari kapal karam.
  • Mengunjungi tawanan Perang
  • Mengambil tindakan atas nama penduduk sipil, dan
  • Menjamin bahwa orang yang dilindungi diperlakukan sesuai hukum.
8. International Federation Of Red Cross and Crescent Societies

Image result for international federation of red cross and red crescent societies logo

          Pada bulan Mei 1919, perwakilan Perhimpunan Nasional Amerika, Inggris, Perancis, Italia, dan Jepang datang bersama untuk secara formal mendirikan Liga Perhimpunan Palang Merah, yang merupakan pelopor lahirnya Federasi Internasional. Tujuannya adalah untuk memperkuat dan menyatukan aktivitas kesehatan yang sudah ada dalam Perhimpunan Palang Merah Nasional dan mempromosikan pembentukan perhimpunan yang baru Federasi, merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia, yang memberikan pertolongan kepada mereka yang paling rentan. Federasi mengatur dan mengkoordinir bantuan kemanusiaan. Kegiatan Federasi seperti :
  • Penanggulangan Bencana
  • Kesiapsiagaan Bantuan Bencana
  • Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  • Kesejahteraan Sosial
  • Dukungan bagi pengembangan kapasitas perhimpunan nasional
  • Kamp. Pengungsian
  • Kebijakan dalam program donor darah.

Komentar

Postingan Populer