Contoh Ceramah

          Assalamualaikum wr.wb
   
         Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita nikmat kesehatan sehingga dapat berkumpul kembali di tempat ini dengan keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membawa ceramah dengan judul “ Pengaruh Budaya Asing ”
                Bapak – bapak dan ibu – ibu yang saya hormati
                  Seperti yang kita ketahui dengan semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, maka perkembangan dunia akan ditemui dengan mudah. Terutama kebudayaan asing dan pengaruhnya yang sudah menyebar luas dibandingkan dengan zaman saya dahulu ketika kanak-kanak. Budaya asing dapat menambah edukasi bagi Bangsa Indonesia, terutama di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, budaya asing tidak selalu berdampak positif. Salah satu contoh yang dapat di lihat dari sisi negatif adalah gaya hidup orang asing, mulai dari cara berpakaian kurang sopan yang seharusnya tidak di gunakan sampai dengan cara bergaul mereka. Dulunya dalam budaya kita sangatlah mementingkan tata cara berpakaian yang sopan dan tertutup. Akan tetapi akibat masuknya budaya luar mengakibatkan budaya tersebut berubah.
                Oleh karena itu kita khususnya remaja harus bisa memilih budaya yang seperti apa yang seharusnya kita contoh dan budaya yang kita harus tinggalkan. Remaja memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya. Jika dibiarkan, budaya kita sendiri akan luntur.
                 Saudara – saudara yang saya cintai,
               Maka dari itu, kita harus mampu mempertahankan, menjaya budaya kita dan warisan leluhur yang beragam ini. Jangan sampai kita lebih pede dan lebih merasa gaul jika kita menggunakan budaya asing. Alangkah baiknya jika kita tidak hanya menjadi penonton kebudayaan kita sendiri, tetapi ikut berperan dalam melestarikan kebudayaan itu sendiri.
       Berdasarkan uraian yang sudah saya sampaikan dapat di simpulkan bahwa tidak semua budaya asing yang masuk ke negara kita itu bernilai positif. Oleh karena itu, kita harus bersikap selektif dan berhati-hati terhadap budaya negara kita sendiri. Agar tetap lestari dan tidak terlupakan.
                 Para hadirin yang berbahagia,
                 Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhr kata, 

Wassalamu’alaikum wr.wb

Komentar

Postingan Populer