Teks Eksplanasi " Ondel - ondel "


Ondel - Ondel


          Budaya Indonesia saat ini makin hari makin dilupakan karena kurangnya kesadaran dari masyarakat, kurangnya pembelajaran budaya, dan juga komunikasi budaya.
          Bisa dibilang budaya Indonesia turun drastis karena kebanyakan dari kita memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman sekarang. PadahalPadahal selamanya tidak benar, jika kita menganggap bahwa budaya asing lebih praktis dan keren. Banyak juga budaya asing yang dianggap keren namun tidak sesuai dengan jati diri dan budaya bangsa kita, Indonesia.
          Akibatnya kebudayaan Indonesia tidak lagi diperhatikan dan perlahan-lahan mulai ditinggalkan ataupun tiba-tiba diklaim oleh negara lain. OlehOleh karena itu, kemampuan dalam berkomunikasi sangatlah penting agar tidak terjadi lagi pemahaman yang salah tentang budaya yang dianut. Kurangnya dalam komunikasi juga akan menimbulkan pertikaian antar suku yang akibatnya berdampak pada persatuan dan kesatuan. Harus diingat, kita juga harus memperhatikan komunikasi yang terjalin antar masyarakat dengan mengenalkan budaya satu sama lain dari generasi ke generasi sebagai penerus bangsa dengan tujuan agar budaya kita tetap hidup.
   Kurangnya minat dalam belajar budaya sendiri, mengakibatkan budaya kita lama-kelamaan menghilang. Jadi, akan lebih baik jika kita mempelajari budaya sejak usia dini, untung saja saat ini sudah ada mata pelajaran yang membahas soal budaya. Tetapi, sangat disayangkan, banyak dari kita yang tidak menganggap penting belajar materi mengenai budaya, Indonesia.
    Padahal dengan belajar budaya, kita bisa membangun budaya bangsa dan bisa mempertahankan budaya lokal di tengah era globalisasi ini. Sebetulnya, budaya Indonesia bisa tetap terjaga dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan pengajaran mengenai budaya kepada anak-anak Indonesia.

Komentar

Postingan Populer